Profil Peserta Piala AFF : Vietnam

vietnam

Mantan Juara Piala AFF tahun 2008, Vietnam tampaknya akan merebut gelar juara mereka yang kedua kalinya tahun 2014 lalu setelah bermain amat cemerlang di babak penyisihan grup dan semifinal pertama. Namun semuanya berubah menjadi mimpi buruk di 45 menit babak kedua yang berlangsung di kandang mereka sendiri kala melawan Malaysia.

Diawali dengan menjadi pemuncak di babak penyisihan grup hingga akhirnya mengalahkan Malaysia 2 – 1 di kandangnya sendiri pada babak semifinal, orang-orang sudah menduga partai final akan menjadi milik Thailand dan Vietnam pada AFF Suzuki Cup 2014 lalu.

Bagaimana tidak, dengan modal kemenangan 2 – 1 di kandang lawan dan akan menghadapi Malaysia di kandangnya sendiri, kemenangan tampaknya sudah mutlak akan diperoleh Vietnam. Namun yang terjadi di luar dugaan, pemain belakang yang bermain jauh di bawah standar menjadikan Malaysia mampu mencetak empat gol di depan fans mereka yang seolah tak percaya di Stadion My Dinh Hanoi.

Dua gol yang mereka lesakkan oleh Le Cong VInh memang mempersempit defisit gol mereka namun hal tersebut tak mampu menghindarkan mereka dari ketersingkiran di babak semifinal dengan agregat 5 – 4.

Vietnam di tahun 2014 pada ajang AFF Suzuki Cup memang memiliki tim tangguh yang diprediksi akan mampu berbuat banyak. Dengan sokongan lini tengah yang agresif dan tajam dalam mencetak gol, Vietnam benar-benar menjadi mimpi buruk bagi setiap lawannya.

Hasil imbang 2 – 2 melawan Indonesia di babak penyisihan grup, serta mengalahkan Laos 3 – 0. Mereka perlu meraih kemenangan atas Filipina yang sudah dipastikan lolos ke babak semifinal. Dan mereka tidak membuat kesalahan dengan mengalahkan Filipina 3 – 1 untuk memastikan lolos ke babak berikutnya.

Setelah tersingkir dari AFF Suzuki Cup 2014 lalu, mereka pun masih belum mampu menunjukkan permainan terbaiknya. Kalah dua kali atas Thailand home and away dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2018 dan kualifikasi Piala Asia 2019 memastikan mereka tersingkir lebih awal dari ajang tersebut, walau sebelumnya sempat menahan imbang tim kuat Asia, Irak 1 – 1 di kandang.

Nguyen Huu Thang, mengambil alih tongkat komando kepelatihan dari pelatih asing sebelumnya asal Jepang, Toshiya Miura bulan Maret lalu. Huu Thang mulai memperkenalkan metode naturalisasi ke dalam tim untuk membuat tim nasional Vietnam lebih kuat saat menyongsong Piala AFF Suzuki Cup 2016 mendatang.

Tournament record:
Winners in 2008; Runners up in 1998;

Nickname:
Doi Tuyen Vietnam (Team representing Vietnam), The Golden Star

National coach:
Nguyen Huu Thang (Vietnam)