Profil Peserta Piala AFF : Singapura

Singapura merupakan salah satu kekuatan utama sepakbola di Asia Tenggara, hal tersebut terlihat dengan kemampuan mereka menjadi juara 4 kali dalam turnamen sepakbola tertinggi kawasan Asia Tenggara atau AFF Suzuki Cup. Gelar menjadi tim terbanyak menjadi juara yang dipegang mereka bersama dengan Thailand.

Namun dua tahun lalu, 2014 mereka bermain mengecewakan dalam upayanya mempertahan gelar yang diperolehnya tahun 2012 lalu. Kini di tahun 2016 mereka bertekad untuk menjadi juara sekaligus memastikan diri menjadi negara dengan pengoleksi gelar juara terbanyak.

Negara kecil di sebuah kepulauan Asia Tenggara ini memang tidak sekecil negaranya dalam hal prestasi. Mereka mampu mengalahkan negara-negara lainnya yang justru lebih besar di sepakbola. Dimulai dengan mengatasi Vietnam tahun 1998, Indonesia tahun 2004 serta Thailand dua kali pada tahun 2007 dan 2012, mereka menjadi negara pertama yang berhasil merengkuh gelar juara sebanyak 4 kali.

Tiga gelar terakhir mereka diperoleh lewat kinerja tangan dingin dari pelatih kepala asal Serbia Radojko Avramovic tapi penggantinya Bernd Stange tidak mampu membawa ” The Lions ” lolos dari babak penyisihan tahun lalu, padahal dua tahun lalu mereka berstatus sebagai tuan rumah.

Tahun 2014 sebenarnya mereka berharap untuk membuat kesan baik bagi suporter mereka yang bermain di kandang barunya Stadion Nasional yang memang baru selesai dibangun. Namun dua kali menelan kekalahan atas Thailand dan Malaysia yang akhirnya menjadi finalis, memastikan mereka tersisih untuk ketiga kalinya di babak penyisihan walau di pertandingan terakhir menang telak 4 – 2 atas Myanmar.

Serangkaian hasil buruk tersebut memaksa Bernd Stange mengundurkan diri dari jabatannya pada bulan April 2016 lalu. Penggantinya kini adalah mantan pemain depan Singapura, V. Sundramoorthy sekaligus menjadikan dirinya menjadi orang Singapura pertama yang menjabat sebagai pelatih tim nasional negaranya.

Sundramoorthy telah cukup mengenal tim nasional negaranya, selain sebagai pemain depan tim nasional Singapura yang memutuskan pensiun tahun 2000 lalu, Sundramoorthy telah menjadi pelatih tim nasional yunior Singapura sejak itu.

Dan pemain-pemain andalan timnas senior Singapura saat ini justru sebelumnya pernah bekerja sama dengannya di tim junior yang memenangkan gelar liga Super Malaysia pada tahun 2013 lalu. Tentunya dengan penunjukkan dirinya Sepakbola Singapura berharap mantan pemainnya tersebut mampu membawa kebaikan kepada sepakbola negri Singa tersebut.

Tournament record:
Winners in 1998, 2004, 2007 and 2012

Nickname:
The Lions

National coach:
V. Sundramoorthy (Singapore)