Profil Peserta Piala AFF : Malaysia

malaysias-first-xi-against-afghanistan-11102016_1gkj82p0go4991s2hd7yl0bqem

Malaysia ” Si Harimau Malaya ” meraih gelar juara AFF Suzuki Cup tahun 2010 lalu dan itu merupakan satu-satunya gelar tertinggi yang pernah mereka raih dalam tiga kali kesempatan mencapai babak final. Dua final lainnya di tahun 1996 dan 2014 lalu berakhir kekalahan atas Thailand.

Dua tahun lalu mereka kembali ke partai final AFF Suzuki Cup 2014 yang bisa dikatakan merupakan permainan terbaik mereka sepanjang turnamen. Dua gol di babak injury time kala mengalahkan saingan berat dan tuan rumah Singapura 3 – 1 dibabak penyisihan grup terakhir, melempangkan jalan mereka ke babak semifinal melawan Vietnam.

Setelah penampilan yang melempem kala menjamu Vietnam dan kalah 1 – 2, Malaysia menunjukkan permainan terbaik sepanjang turnamen kala bermain tandang ke Vietnam di leg kedua babak semifinal. Bermain di stadion Nasional My Dinh di Hanoi mereka secara luar biasa mampu meraih kemenangan sensasional 4 – 2 untuk membalikkan agregat menjadi 5 – 4 dan mereka lolos ke final.

Di babak final, tim tersukses di ajang ini, Thailand sudah menunggu. Thailand menang 2 – 0  di leg pertama yang berlangsung di negara gajah putih tersebut, sebelum di leg kedua Malaysia nyaris membuat kejutan besar. Bermain di stadion Nasional Bukit Jalil di Kuala Lumpur, Malaysia sudah unggul 3 – 0 hingga menit ke 58. Dengan leg berubah menjadi 3 – 2 untuk keunggulan Malaysia tersebut jika skor mampu bertahan maka mereka akan keluar menjadi juara.

Namun dua gol telat dari Thailand mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 3 – 2 secara agregat berarti Thailand masih unggul dengan skor 4 – 3, menggagalkan kesempatan menjadi juara kedua kalinya untuk Malaysia.

Dollah Saleh pelatih tim nasional Malaysia ketika itu akhirnya memilih mengundurkan diri dari jabatannya setelah kegagalan tersebut ditambah dengan sejumlah hasil buruk dalam kualifikasi piala dunia 2018 dan Piala Asia 2019.

Sebagai penggantinya, Malaysia menunjuk Ong Kim Swee sebagai penggantinya. Sama seperti Dollah Saleh, Ong adalah sosok yang sangat dihormati untuk sepakbola di Malaysia. Ong adalah seorang pelatih muda yang sangat sukses di Malaysia dan kini sedang membangun tim muda usia di Malaysia.

Ia berharap bahwa Piala AFF Suzuki Cup 2016 ini akan menjadi langkah besarnya untuk menghidupkan kembali sang mantan juara tahun 2010 ini.

Tournament record:
Champions in 2010; runners-up in 1996, 2014

Nickname:
Harimau Malaysia (Malaysian Tigers)

National coach:
Ong Kim Swee (Malaysia)