Profil Peserta Piala AFF : Indonesia

Indonesia, Tim Garuda Merah Putih menghadapi masa-masa transisi yang tidak menentu dalam sepakbola nasionalnya. Dan setelah terlepas dari hukuman larangan bertanding di internasional oleh FIFA dicabut, mereka tentu berharap dapat memberikan sesuatu kepada fansnya di ajang Piala AFF Suzuki Cup 2016 ini.

Tim yang empat kali menjadi finalis ini tidak lagi memainkan laga kompetitifnya sejak terakhir di Piala AFF Suzuki Cup 2014 lalu. Diajang itupun mereka menunjukkan performa dan prestasi terendah sepanjang keikutsertaannya di kejuaraan tertinggi sepakbola Asia Tenggara, dengan tersisih dari babak penyisihan grup.

Kerusakan dan tanda-tanda tidak konsistennya permainan Indonesia sudah dimulai dalam dua pertandingan awalnya di babak penyisihan grup. Di pertandingan pertama, mereka sangat beruntung mampu bermain imbang kala melawan Vietnam sebelum akhirnya bencana kala menghadapi Filipina datang.

Filipina secara perkasa mengalahkan Indonesia 4 – 0, yang merupakan kemenangan pertama Filipina atas Indonesia dalam 80 tahun terakhir. Di pertandingan terakhir, bermain untuk mengembalikan harga diri, Indonesia berhasil mengalahkan Laos 5 – 1 namun segalanya telah terlambat karena Vietnam juga memperoleh kemenangan atas Filipina 3 – 1, memastikan Indonesia tersisih.

Pelatih kepala, Alfred Riedl memutuskan mengundurkan diri setelah kegagalan tersebut. Namun di angkat kembali untuk memimpin tim nasional Indonesia di ajang AFF Suzuki Cup 2016 ini.

Ada beberapa sinyal positif untuk Indonesia di ajang ini, terutama kehadiran beberapa pemain muda berbakat yang dipadukan dengan beberapa pemain senior seperti Evan Dimas yang menunjukkan performa baik sepanjang tahun 2015 dan 2016 ini.

Target Riedl bersama Indonesia di tahun ini adalah untuk mencapai babak final kelima kalinya sepanjang sejarah. Tentu tidak mudah mengingat mereka tersingkir dari babak penyisihan dua kali secara beruntun tahun 2014 dan 2012, tetapi Indonesia memiliki silsilah dan bakat bawaan yang selalu tampil luar biasa jika sedang dalam on form. Semoga saja….

Tournament record:
Losing finalists in 2000, 2002, 2004 and 2010

Nickname:
Merah Putih (The Red and White), Garuda (Eagle)

National coach:
Alfred Riedl (Austria)